Cara Membuat Server FTP di Google Storage

MalTech - Malang Techno haloo semuanya... sudah 2 hari Admin tidak posting lagi nih.
Pada kali ini Admin akan membagikan tutorial Cara Membuat Server FTP di Google Storage.
Tentunya kalau server dari Google ini selalu the best dah untuk masalah speed atau yang lain.
Cara Membuat Server FTP di Google Storage - MalTech - Malang Techno
Sumber Gambar : thenakedwordpress.com

Server FTP menggunakan Google Cloud Storage.

Aplikasi ini mengatur server FTP yang berkomunikasi dengan Google Cloud Storage di bagian belakang. Cara ini mudah bagi Anda untuk mengatur antarmuka FTP untuk Google Cloud Storage kalian sehingga Anda dapat mengunggah, mengunduh, dan mengelola file GCS Anda menggunakan klien FTP favorit kalian.

Cara ini mendukung FTP over TLS (enkripsi eksplisit) dan, jika kalian ingin menggunakan fungsionalitas itu, dan kalian harus mempunyai sertifikat SSL / TLS yang diformat sebagai PKCS # 12 ( .pfx).

Server ditulis dalam .NET Core 2.2 dan paling mudah dibangun dan di-host menggunakan Docker. Itu menggunakan server FTP Fubar Development yang fantastis yang ditulis untuk .NET Standard 2.0. Jika kalian tidak tahu tentang proyek itu, Kalian harus benar-benar mencari informasi untuk lebih lanjut dan memeriksanya kembali.

Hal yang harus di siapkan.
Ada beberapa hal yang harus kalian siapkan sebelum membangun dan menjalankan server :

1. Menginstal .NET Core 2.2 SDK
Jika kalian belum menginstal .NET Core 2.2 SDK di komputer kalian, kalian harus mengunduhnya dari situs web Microsoft . Program ini gratis di jalankan untuk Windows, macOS, dan Linux.

2. Otentikasi

kalian harus mengubah mekanisme otentikasi di CustomMembershipProvider class. Secara default, server akan mengotentikasi setiap pengguna yang menyediakan nama pengguna Admin dan kata sandi Admin. Jika kalian mungkin ingin mengubah ini.

3. Nama Bucket
Kalian juga harus memberikan nama untuk Bucket Google Cloud Storage kalian di CustomMembershipProvider class. kalian dapat membuat nama kode menjadi sebuah file atau memutuskan untuk memberikannya melalui konfigurasi atau variabel. Itu sepenuhnya terserah kalian.

4. Layanan Akun /  Service Account
Untuk mengakses bucket kalian, server harus memiliki private key akun layanan dengan salah satu roles/storage.objectAdmin atau roles/storage.admin untuk hak akses Admin bucket tersebut.

Kalian dapat membuat layanan akun dari Google Cloud Console. Lihatlah panduan ini untuk mempelajari caranya Klik di Sini.

Setelah membuat layanan akun, Kalian harus mengekspor private key. Kalian akan mendapatkan .jsonfile, yang harus dimasukkan dalam Docker. dan jangan lupa perbarui baris berikut dalam file Docker untuk mencocokkan nama .jsonfile.

COPY my-service-account.json ./
ENV GOOGLE_APPLICATION_CREDENTIALS /app/my-service-account.json

Atau, jika kalian tidak ingin menggunakan Docker, kalian bisa dengan menggunakan cara mudah mengatur variabel GOOGLE_APPLICATION_CREDENTIALS ke folder lengkap .jsonfile kalian pada sistem di mana kalian ingin menjalankan server.

5. FTP melalui TLS
Jika kalian ingin mendukung FTP melalui TLS, kalian harus memberikan sertifikat SSL / TLS, yang harus dilindungi dengan private key. Secara default, sertifikat diharapkan memiliki nama ftp.pfx dan ditempatkan di folder root project. Script pembuatan Docker kemudian akan disertakan dalam sertifikat di Docker.

Anda harus memberikan kata sandi file .pfx kalian melalui variabel PFX_PASSWORD.

Jika kalian tidak ingin menggunakan FTP melalui TLS, kalian harus mengatur variabel DISABLE_TLS ke True.

6. Log File

Server menggunakan NLog. Itu dapat dikombinasikan dengan Stackdriver Logging . Dalam NLog.configfile, ganti [YOUR PROJECT ID] dan [YOUR_LOG_ID] dengan ID project Google Cloud kalian dapat mengganti ID log yang kalian inginkan, masing-masing.

Membangun server :

Setelah kalian sudah menyelesaikan semua langkah di atas, kalian dapat membangun server dengan sangat mudah menggunakan Docker dengan menjalankan perintah berikut :

docker build -t sebastianbk/google-storage-ftp

Jika kalian tidak ingin menggunakan Docker, kalian dapat menggunakan tools dotnet command. Dan coba jalankan perintah berikut :
dotnet build -c Release

Menjalankan server :

Langkah terakhir, jalankan server menggunakan Docker dengan menjalankan perintah ini :

run docker -it \
    -p 20:20 \
    -p 21:21 \
    -p 989: 989 \
    -p 990: 990 \
    -p 10000: 10000 \
    -p 10001: 10001 \
    -p 10002: 10002 \
    -p 10003 : 10003 \
    -p 10004: 10004 \
    -p 10005: 10005 \
    -p 10006: 10006 \
    -p 10007: 10007 \
    -p 10008: 10008 \
    -p 10009: 10009 \
    sebastianbk / google-storage-ftp \
    ftp

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan FTP melalui TLS, kalian harus menyertakan argumen berikut untuk perintah di atas :

-e PFX_PASSWORD = [Kanta_Sandi_PFX_Kalian]

Jika kalian tidak ingin menggunakan FTP melalui TLS, sertakan argumen ini sebagai gantinya :

-e DISABLE_TLS=True

Jika Anda menjalankan server pada IP berbeda dari 127.0.0.1 atau localhost, Kalian harus memasukkan argumen ini ke docker run untuk memasukan perintah berikut.

-e PUBLIC_IP=[IP_PUBLIK_KALIAN]

Setelah kalian selesai mengikuti tutorial di atas kalian dapat mengujinya dengan menggunakan klien FTP favorit. Jika kalian belum menginstalnya, pilihan yang baik adalah FileZilla.

Penutup :

Tutorial di atas yang di lansir dari GitHub SebastianBK.
Terima Kasih sudah berkunjung ke MalTech - Malang Techno.
Previous
Next Post »